Friday, 22 March 2013

KA Lodaya

Sempat dikenal dengan nama KA Pajajaran/Senja Mataram. Produk ini pertama kali diluncurkan
pada tanggal 11 Maret 1992 melayani pemerjalan koridor Yogyakarta-Bandung dan sejak tanggal
1 September 1992 diperluas layanannya untuk melayani perjalanan Solo-Bandung.
Untuk meningkatkan pelayanan dan lebih mendekatkan kepada pelanggan, pada tanggal 2 Mei 2000
dilakukan peremajaan rangkaian KA Pajajaran/Senja Mataram dan diganti nama menjadi KA Lodaya.
Nama Lodaya diambil dari cerita rakyat tatar Sunda yakin Macan Lodaya yang merupakan
penjelmaan dari
Prabu Siliwangi ketika berhadapan dengan Prabu Kian Santang.
Kereta api ini menawarkan alternatif perjalanan pada malam hari dari arah Solo menuju Bandung
danpada siang hari dari arah sebaliknya sehingga tepat pada saat adzan shubuh berkumandang
di sejumlah masjid pada saat itulah KA Lodaya memasuki kota Bandung.
Dalam perjalanan Solo-Bandung pada siang hari pemerjalan dapat menikmati indahnya
Bumi Parahyanganbagian timur. Perjalanan sejauh 447 km ini ditempuh dalam waktu
8 jam 30 menit dan hanya berhentidi Stasiun Tasikmalaya, Banjar, Kutoarjo, Yogyakarta dan Klaten.

Fasilitas & Spesifikasi Teknis Kereta
ITEMKELAS EKSEKUTIFKELAS BISNIS
InteriorDesain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi dengan peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakarDesain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi isolasi panas tidak mudah terbakar
Tempat duduk
  1. Kapasitas 50 tempat duduk perkereta
  2. Reclining & revolving seat system
  3. Dilengkapi dengan meja statis dan sandaran kaki
  4. Desain ergonomis
  1. Kapasitas 64 tempat duduk perkereta
  2. Reversing seat system
  3. Desain ergonomis
Pintu ruanganSistem geser otomatisSistem geser manual
JendelaKaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tiraiKaca tetap dupleks dapat dibuka bagian atas, lapisan isolator panas
Penyegar Udara2 set Air Conditioner (AC) per kereta temperatur 21- 26­­­­­o CKipas angin (fan)
Jenis BogieK5/TB398 dengan system suspensi ganda: rubber pad dan coil spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber (meredam goncangan).K5/TB.398 dengan sistem suspensi dobel : rubber pad dan coll spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber (meredam goncangan)
Fasilitas keselamatanTabung pemadam kebakaran, emergency brakeTabung pemadam kebakaran, emergency brake
Fasilitas lainnyaToiletToilet

    Lodaya @ Terowongan Ijo, Photo's By BGZ TM


    Lodaya @ Kalimenur, photo's By BGZ TM


    Lodaya @ sentolo, photo's By BGZ TM

No comments:

Post a Comment